Selasa, 02 Juni 2015

10 Cara Agar Hidup Tetap Sehat dan Bahagia

10 Cara Agar Hidup Tetap Sehat - Sudah sehatkah Anda? Penilaian sehat menurut diri sendiri adalah yang paling benar karena diri kita sendiri yang merasakan tentang segala hal yang ada pada tubuh kita. Berfungsinya organ tubuh dengan baik, kekebalan terjaga, dan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas merupakan kriteria tubuh bisa dianggap sehat. 

Namun perlu Anda ketahui, untuk mencapai kategori sehat bukanlah hal yang mudah, maka manfaatkanlah kesehatanmu sebaik mungkin. Banyak diantara kita yang menginginkan badan yang bugar, beragam cara dan metode sudah dilakukan, tapi hasilnya masih nihil. Itu semua disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat. Oleh karenanya, penulis menghadirkan bahasan tentang 10 cara agar hidup tetap sehat.

10 cara agar hidup tetap sehat ini bertujuan agar siapa saja yang membaca tulisan ini bertambah informasinya dan mampu menjaga kondisi agar tetap sehat. Jangan hanya membaca saja, namun dipraktekan dan di sebarluaskan ilmunya.

10 Cara Agar Hidup Tetap Sehat


Berikut ini akan dijelaskan tentang 10 cara agar hidup tetap sehat.

1.    Perbanyak minum air putih
Tubuh kita hampir 70% didominasi oleh air, makannya untuk menjaga keseimbangan dan fungsi tubuh perbanyak minum air putih. Sebagai penghubung antara proses kinerja dan motorik, air putih seperti bensin untuk menyalakan mesin motor. Oleh sebab itu jangan remehkan air putih, usahakan minum dalam satu hari 8 gelas atau dua liter.
2.    Perbanyak makan buah dan sayuran
Sumber penghasil energi terbaik adalah buah dan sayuran, karena tidak langsung dicerna untuk menghasilkan tenaga, namun zat-zat yang terkandung didalamnya tersimpan terlebih dahulu sebagai pengganti cadangan apabila tubuh dibebani tanggungan yang berat. 10 cara agar hidup tetap sehat inilah sangat penting pada bagian nomor 2.
3.    Lakukan olah raga secara teratur
Gerak tubuh kita mempengaruhi kerja anggota tubuh yang lain. Apabila kita jarang melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan gerak tubuh, maka bagian tubuh yang lain akan terkena dampaknya. Terutama bagian persendian dan pergelangan yang harus digerakan agar otot-otot tidak terlalu tagang sehingga aliran transformasi darah akan berjalan lancer, dan tubuh terasa lebih ringan.
4.    Hindari rokok
Penyebab utama banyak orang terlihat sehat diluar tetapi bagian dalam tubuh tidak sehat adalah rokok. Batang yang berisi tembakau dan dibungkus dengan kertas tipis ini memang memiliki cita rasa tersendiri bagi penikmatnya. Namun dibalik itu banyak penyakit yang ditimbulkannya.
5.    Cukup tidur
Usahakan tidur sesuai kebutuhan dan menurut waktu yang jelas. Jangan tidur pada sembarang waktu. Idealnya adalah 6-8 jam setiap hari dan dilakukan malam hari ketika detak jantung memerlukan istirahat.
6.    Kurangi konsumsi obat-obatan berlebih
10 cara agar hidup tetap sehat yang ke enam adalah sebisa mungkin mengkonsumsi obat-obatan yang berlebih. Banyaknya zat aktif yang masuk kedalam tubuh menyebabkan proses kinerja tubuh hanya didorong oleh obat. Ini akan berakibat pada melambatnya fungsi organ ketika sudah sehat.
7.    Cukupkan asupan vitamin dan protein
Vitamin dan protein yang menunjang untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta kondisi badan yang semakin tua memerlukan tambahan nutrisi agar hidup tetap sehat.
8.    Perbanyak makanan berserat
Makanan berserat baik untuk menjaga system pencernaan pada lambung sampai pada usus. Meskipun harganya mahal, makanan berserat banyak kita jumpai disekitar rumah kita seperti pisang, daun ketela, sawo, dan terong yang menjadi bahan sayurah.
9.    Olah nafa
Olah nafas bertujuan untuk menciptakan keseimbangan tubuh agar otak terisi dengan oksigen segar untuk kinerja berpikir yang lebih.
10.    Hilangkan dendam
Berpikirlah yang jernih untuk menciptakan kondisi yang kondusif dan terhindar dari pikiran-pikiran yang negatif, agar senantiasa kita mendapat kenyamanan dalam hidup.

Demikianlah 10 cara agar hidup tetap sehat, semoga dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Cara Agar Hidup Tetap Sehat dan Bahagia