Selasa, 16 September 2014

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda - Didalam kehidupan pastinya ada momen-momen terpenting yang harus anda ingat untuk kemudian hari, Pastinya Anda pernah mengalami ketika Anda melupakan sesuatu, mulai dalam hal yang mudah dan penting. Lupa merupakan salah satu sifat manusia yang sering terjadi. Namun, menurut para peneliti, Anda dapat menjadikan otak Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik dengan beberapa cara meningkatkan daya ingat otak anda dibawah ini.



1. Latihan Fisik (Olahraga) dan Tidur
Berjalan kaki atau bersepeda selama 30 menit setiap hari membantu mengurangi pengeluaran hormon stres cortisol yang membunuh sel-sel otak.
Selain itu, olahraga cukup juga dapat membuat tidur lebih nyenyak. Kualitas tidur yang baik akan membantu mengoptimalkan fungsi otak.
Latihan aerobik dapat pula meningkatkan suplai darah ke otak sehingga memasok lebih banyak nutrisi dan oksigen untuk  meningkatkan fungsi otak.

2. Mainkan game mengasah otak
Stimulasi untuk otak harus Anda lakukan. Anda harus memakainya dengan baik agar tetap berjalan dengan baik. Stimulasi otak Anda dengan melakukan permainan asah otak yakni sudoku, mah jong, dan sebagainya. Lakukan olahraga pada otak anda.

3. Makan ikan secara teratur
Ikan mempunyai banyak kandungan omega 3 dan omega 6 yang sangat baik sebagai cara meningkatkan daya ingat. Salah satu jenis omega 3, yakni DHA banyak terdapat dalam ikan salmon, tuna, dan ikan cod. Memakan jenis ikan ini seminggu sekali akan menekan penuaan kognitif 10% tiap tahunnya, atau akan lebih muda 3 sampai 4 tahun.

4. Bersosialisasi
Menjalin sosialisasi dengan teman atau keluarga masuk dalam bentuk latihan untuk otak. Interaksi bersama orang lain dapat melatih otak agar tetap dapat berjalan dengan baik untuk perencanaan, mengambil keputusan, dan mengotrol diri.

5. Ingatlah momen bahagia Anda
Emosi positif mempunyai banyak manfaat untuk menambah daya dalam memproses informasi dan sangat mempengaruhi kesehatan otak. Karena itu siapkan momen yang membahagiakan dalam hidup Anda jangan ragu dalam berkorban untuk peristiwa bahagia dalam hidup Anda seperti bersama keluarga ataupun berjalan-jalan.

6. Tidur siang
Cara meningkatkan daya ingat yang lainnya yakni dengan tidur siang selama 6 menit saja sudah memberikan dampak yang positif bagi otak dengan menambah kemampuan memori Anda. Selain itu tidurlah yang teratur supaya otak dapat beristirahat cukup setiap harinya.

Sekian Tips Kesehatan Tubuh Alami Meningkatkan Daya ingat Otak anda yang didapat dari berbagi referansi yang dapat dipercaya, yang mana dari macam-macam tips diatas merupakan hal mudah untuk dikerjakan yang sangat membantu anda sekali demi timbulnya ingatan yang baik dari suatu pengalaman/peristiwa yang sudah dilalui. 

Catatan : saya tidak jamin dari semua tips diatas membantu meningkatakan daya ingat anda. Semoga bermanfaat. Amien.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda