Minggu, 05 Oktober 2014

Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh Anda - Sebagai seseorang yang ingin selalu hidup sehat haruslah ada usaha untuk melakukan hal itu, maka dari itu bengkoang inilah salah satu tips untuk hidup sehat agar tidak menganggu aktifitas anda. Manfaat bengkoang memang sangat banyak sekali bagi tubuh kita. Namun ternyata masih banyak orang yang belum menyadari tentang keberadaan segudang manfaat dari buah bengkoang tersebut.

Khasiat Bengkuang yang menyegarkan dan tinggi air ini kaya akan berbagai nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Vitamin yang paling tinggi Bengkuang adalah vitamin C, sedangkan kandungan mineralnya adalah fosfor, besi, kalsium dan lain-lain. Karena kandungan air yang tinggi, bengkuang dapat menyegarkan tubuh dan meningkatkan cairan dalam tubuh. Bengkuang juga dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bengkuang biasanya juga digunakan dalam produk kecantikan, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion, karena memiliki efek melembabkan dan mendinginkan.


Berikut adalah Beberapa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan :


1. Dapat Mengobati Demam
dalam Bengkuang mengandung senyawa kimia yang berkhasiat untuk mendinginkan dan menurunkan demam. Umbi bengkuang dapat dimakan secara langsung atau dibuat menjadi jus dan minum pagi dan sore. konsumsi secara rutin agar lebih terlihat hasilnya.

2. Dapat Mengobati Sariawan
Penyakit yang satu ini sudah biasa bagi seseorang yang kekurang vitamin, Sariawan mulut merupakan gejala pengikisan kulit mulut pada bagian dinding dalam pipi atau lidah. Penyebab tamanya adalah kekurangan vitamin C, alergi, atau penurunan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C  Bengkuang yang bekerja sebagai antioksidan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Bengkuang bisa diberikan dengan cara dibuat jus dan ditambah dengan madu dan air.

3. Dapat Menurunkan Tingkat Kolesterol Darah
manfaat dari bengkoang juga bisa digunkan untuk menurunkan tingkat kolesterol tinggi, hal ini karena adanya kandungan air dan serat yang tinggi. Selain serat dan kadar air tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang juga berfungsi sebagai antioksidan yang juga dapat membantu pengurangan kadar kolesterol pada tubuh anda.

4. Baik untuk Penderita Diabetes Mellitus
Disamping menggunakan obat dokter, bengkuang bisa digunakan untuk membantu mempertahankan kadar gula darah. Serat makanan yang terkandung dalam bengkuang berperan menurunkan kadar gula darah, karena akan diserap pencernaan secara perlahan dan tidak semua diubah menjadi glukosa. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, bengkuang bisa dibuat jus atau diparut kemudian disaring dan diminum setiap pagi dan sore.

5. Sumber fitoestrogen Alami
Fitoestrogen sangat diperlukan oleh wanita untuk mempertahankan kualitas hidup mereka di usia tua. Ketika wanita memasuki masa menopause, maka tubuh tidak lagi memproduksi estrogen dalam jumlah yang cukup, sehingga akan mengalami kecenderungan  kemunduran fisik, termasuk kulit keriput lebih cepat dan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Bengkuang adalah salah satu makanan yang mengandung estrogen, dan baik bagi wanita yang telah memasuki masa menopause. Dengan demikian keluhan yang umum pada masa menopause bisa dihindari, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan lebih menarik .

6. Untuk Kecantikan
Bengkoang bisa juga digunakan untuk bahan kecantikan. Tidak mengherankan jika saat ini bengkuang banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai krim dan lotion tubu . Salah satu cara tradisional perawatan kecantikan wajah adalah dengan membuat masker wajah dari bengkuang . Caranya sangat mudah, parut bengkuang dan kemudian tumbuk sedikit sebelum mengaplikasikannya pada wajah dengan menggosoknya sebentar dengan gerakan memutar. Manfaat yang akan didapatkan dengan cara ini adalah melindungi kulit wajah dari panas matahari, mencerahkan kulit wajah secara alami, dan membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Selain itu, masker yang terbuat dari bengkuang akan meredakan atau mengempiskan jerawat dan membantu mengurangi bekas luka akibat jerawat yang mana hal itu dapat menjadikan anda tampil lebih maksimal.

7. Mengurangi Produksi Asam Lambung
saah satu dari Ahli Naturopathic menyarankan untuk mengkonsumsi Bengkuang dalam keadaan segar dan bagus.  Hal ini karena sifat umbi yang dingin dan alkali, sehingga lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih .

8. Dapat Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
kandungan vitamin C dalam bengkong bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga relatif  bisa terhindar dari serangan berbagai infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

9. Juga Membantu mengobati Wasir
Kandungan Serat yang ada dalam bengkuang ternayta bisa membantu untuk mengatasi wasir. Hal ini karena manfaat serat adalah membantu memperlancar saluran pencernaan, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan demikian, wasir akan semakin mudah dan cepat untuk disembuhkan dengan pengobatan. Untuk mengatasi wasir, buat dalam bentuk jus dan minum setiap bangun tidur di pagi hari. gunakanlah secara rutin dalam kehidupan anda.

Sekian Tips Kesehatan Tubuh Alami manfaat Bengkuang bagi kesehatan Tubuh Anda yang diperoleh dari referensi yang dapat dipercaya,. semoga bermanfaat. amieen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh Anda