Kamis, 28 Agustus 2014

6 Penyakit yang Bisa Dideteksi pada Mata

6 penyakit yang bisa dideteksi pada mata - Sebelum kita membahas tentang penyakit-penyakit yang bisa dideteksi lewat mata ada baiknya anda membaca artikel kami sebelumnya tentang dampak negatif tertawa.

Mata merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia, mata berperan khusus untuk mengoptimalkan aktifitas seseorang. Mata yang berfungsi baik belum tentu memberikan benefit bagi organ yang lain, ada beberapa tanda adanya penyakit berbahaya yang bisa dideteksi dari warna mata, diantaranya :


1. Adanya penyakit MELANOMA
Penyakit melanoma merupakan jenis penyakit kanker kulit ganas, terjadi pada sel yang menghasilkan melanin pigmen yang memberikan warna kulit. Melanoma juga dapat terjadi pada mata dan organ internal yang lain.
Salah satu penyebab terjadinya melanoma pada mata yaitu radiasi sinar matahari, yang mana radiasi sinar matahari dapat meningkatkan resiko kanker pada bola mata. Seorang yang yang menderita penyakit melanoma biasanya timbulnya titik kecil pada lapisan pigmen mata, hal ini dikatakan oleh Sophie J.Bakri dokter mata dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesotta.

2. Inflamasi mata
Terjadinya inflamasi pada mata yaitu adanya gangguan automun yang menyerang sel-sel dalam tubuh. Gejala inflamasi yang sering ditemui biasanya ditandai dengan adanya pembengkakan pada permukaan ocular,
gatal dan mata yang kering. Selain itu, gejala inflamasi juga memungkinkan manusia menderita penyakit lupus atau artritis reumatoid (radang sendi).

3. Central Serous Retinopathy (CSR)
Central Serous Retinopathy biasa dikenal dengan Retinopathy Serosa Sentral yaitu terjadinya kelainan pada retina. CSR biasanya disebabkan oleh stres atau emosi yang berlebihan, selain itu gejala CSR dilihat dari pandangan mata  yang kabur dan tidak fokus.

4. Adanya penyakit Diabetes
Adanya penyakit diabetes dapat dilihat pada mata yaitu biasanya ditandai dengan pembuluh darah mata yang terlihat jelas. Kadar gula darah yang tinggi menyumbat pembuluh darah di retina sehingga pembuluh darah lebih mudah pecah. Penyakit diabetes juga dapat merusak saraf mata yang menyebabkan kebutaan

5. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi dapat dilihat pada warna mata apabila arteri mata berwarna keperakan. Hal ini telah dipaparkan oleh Reddy yang mana kondisi hipertensi dapat menyebabkan warna retina menjadi keperakan.

 6. Alergi
manusia seperti sudah terbungkus dengan udara tanpa udara manusia akan merasa sesak dan bahkan tidak bisa bernafas. Tapi pada udara juga terdapat banyak kemungkinan terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah mata sehingga bola mata tampak memerah dan gatal, hal tersebut disebabkan oleh udara yang kotor seperti debu, serbuk bunga dan lainnya yang bisa membpengaruhi mata.

Semoga 6 Penyakit Yang bisa Dideteksi Pada Mata ini bisa menjadi sumber Informasi kesehatan buat anda, sehingga anda bisa lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan mata anda. Terima kasih telah membaca artikel saya semoga bermanfaat....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Penyakit yang Bisa Dideteksi pada Mata