Jumat, 12 September 2014

Awas !!! Bahaya Sinar Matahari Terhadap Mata Anda

Bahaya Sinar Matahari Terhadap Mata Anda - Negara Indonesia Beriklim Tropis harusnya sudah menjadi kebiasaan untuk selalu pakai kacamata hitam saat matahari sedang terik. Karena kacamata hitam sangat ampuh untuk melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet. Sinar tersebut bisa sangat merusak, bahkan jika mengenai mata dalam waktu yang singkat.

Resiko kerusakan jangka pendek yang bisa dicegah dengan kacamata hitam antara lain adalah mata terbakar (photokeratitis). Kerusakan ini ditandai dengan radang pada kornea, Radang semacam itu juga bisa terjadi pada konjungtiva, yakni bagian mata yang berwarna putih. Meski terasa sangat sakit, peradangan di kedua bagian itu masih bisa dan mudah untuk disembuhkan. Sedangkan untuk jangka panjang, kerusakan akibat sinar ultraviolet bisa terakumulasi dan menyebabkan gangguan yang lebih serius.


Berikut ini penyakit yang akan ditimbulkan dari sinar ultraviolet.

1. Kanker
Permukaan mata bisa terserang melanoma, sejenis kanker ganas akibat sinar ultraviolet yang membutuhkan operasi untuk mengatasinya. Sedangkan pada kelopak mata, sinar matahari juga berisiko menyebabkan karsinoma sel basal.

2. Pterygium
Merupakan pertumbuhan yang tidak normal pada konjungtiva atau bagian mata yang berwarna putih, yang dapat disebabkan karena terlalu sering terkena sinar matahari. Pertumbuhan abnormal ini akan merusak kornea, sehingga mengganggu penglihatan. Tidak ada cara lain untuk mengatasi gangguan ini kecuali dengan pembedahan. Itupun masih menyisakan peluang kekambuhan, sebab konjungtiva yang sudah rusak pada dasarnya sulit untuk dipulihkan.

3. Katarak
Pada penderita katarak, warna lensa yang bening berubah menjadi keruh sehingga menghalangi cahaya yang masuk. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari diduga merupakan salah satu penyebab utama pada gangguan ini. Sinar ultraviolet juga dapat merusakkan retina, yakni lapisan tipis pada mata bagian belakang yang berfungsi menangkap cahaya. Kerusakan itu juga mempengaruhi fungsi makula, yakni titik pusat retina sekaligus pusat penglihatan.

Kesimpulan : Sinar ultraviolet dapat menimbulkan berbagi penyakit seperti Katarak, Pterygium, kanker dan dapat merusak mata anda yang dapat dicegah dengan memakai kacamata hitam Karena kacamata hitam sangat ampuh untuk melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet.

Sekian dari saya, semoga cepat dipahami dan bermanfaat bagi anda maupun pada orang lain. Kalau ada kesalahan baik dalam segi penulisan maupun perkataan yang tidak sepantasnya untuk dikeluarkan saya mohon maaf.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Awas !!! Bahaya Sinar Matahari Terhadap Mata Anda